Friday, July 20, 2018

Bersihkan Debu Dan Gores Pada Layar Laptop dan PC


Pembersih Layar
Layar monitor adalah salah satu komponen penting untuk komputer baik itu berupa laptop (layar) atau PC (monitor). Monitor sendiri berfungsi untuk menampilkan gambar secara visual baik pada laptop atau PC. Tampilan visual sangat penting bagi pengguna untuk mempermudah pengoperasian komputer.

Saya sendiri tidak bisa membayangkan bagaimana jadinya kalau komputer tidak memiliki monitor, bayangkan saja mengoperasikan komputer tanpa layar atau monitor pasti akan membuat bingung pengguna. Membuka browser misalnya, kita akan tahu jika browser berhasil dibuka akan terlihat pada tampilan monitor apakah browser berhasil dibuka atau tidak.

Karena monitor ini sangat penting bagi semua pengguna, akan menjadi masalah jika monitor sulit untuk dilihat. Loh Kok sulit dilihat?

Bagi sebagian pengguna mungkin merasa layar / monitor sulit dilihat karena ada gores-gores dan debu yang menempel. Debu ini bisa sangat mengganggu karena akan mengurangi fokus kita dalam melihat. 

Layar Laptop Kotor dan Gores


Debu dan gores bisa disebabkan karena kesalahan pengguna atau orang dekat kita, tidak jarang teman-teman kita dengan polosnya menunjuk layar laptop dengan jari langsung mengenai layar akibatnya sidik jari akan tertinggal di layar.

Selain meninggalkan sidik jari bahkan ada yang sampai keluar gelombang warna-warni karena menekan terlalu keras. Penting untuk diperhatikan jika ada yang menekan terlalu keras langsung tegur saja daripada layar kalian rusak.

Setelah sedikit pembahasan diatas, saya mengalami debu dan bekas gores-gores yang ada di layar laptop saya. Saya tentu saja terganggu karena fokus saya berkurang akhirnya saya berniat untuk membersihkan layar laptop.

Sudah ada niat sekarang tinggal melakukan, sebelum itu saya berpikir bagaimana saya membersihkannya sedangkan sebelumnya saya sudah pernah bersihkan dengan tisu yang akibatnya menggores layar laptop.

Saya terpikir untuk mecoba menggunakan air tapi saya tahu kalau perangkat elektronik itu sensitif dengan air, bagaimana jika rusak pikir saya (jangan menggunakan air saat memebersihkan layar laptop apalagi ketika laptop hidup).

Akhirnya saya coba pergi ke toko komputer dan menanyakan apakah mereka (si penjual) menjual pembersih khusus untuk layar laptop tanya saya.

Kata penjualnya ada.

Saya tanya lagi berapa harganya?

Langsung saja saya beli dan pulang untuk mencoba pembersih ini apakah memang benar-benar bersih.

Di dalam kemasan terdapat 1 sikat, 1 botol berisi cairan pembersih, dan 1 kain khusus (mirip pembersih kacamata).

Pembersih Layar Laptop dan PC

Setelah itu saya akan mencoba membersihkan layar dengan alat-alat ini. Pertama matikan dulu laptop agar tidak terjadi arus pendek (atau apalah namanya itu). Kemudian gunakan kuas kecil yang ada dalam kemasan untuk membersihkan ujung-ujung layar laptop (lihat gambar dibawah). 😯

Ujung layar Laptop Kotor













Setelah itu saya kurangi debu yang ada di layar laptop menggunakan kuas tadi, setelah debu sudah agak berkurang saya ambil lap hitam tadi kemudian semprotkan pembersih ke lap (semprotnya jangan banyak-banyak nanti basah).

Setelah itu sapu lap yang sudah disemprotkan cairan pembersih tadi ke laptop terserah mau ngelap kaya bagaimana ke atas atau muter-muter. Kalau sudah agak kesat tambah lagi cairannya ke lap tadi agar licin lagi.

Terakhir bisa kita lihat hasilnya sama-sama, hasil saya bisa dilihat di bawah ini.

Setelah Dibersihkan

Nah dah kinclong, bersih ga ada debu dan gores-gores lagi. Fokus lebih baik sekarang, meski ada cahaya matahari fokus saya lebih bagus karena tidak ada debu dan goresan di layar laptop. Cairan pembersih tadi juga masih sangat banyak, mungkin bisa digunakan sampai 8 kali lagi untuk layar ukuran 14 inci. 😁