Saturday, December 28, 2019

MENGUBAH FONT DAN UKURAN FONT WORD

Setelah sebelumnya lulusankomputer memposting artikel "Pengenalan Software Word" sekarang kita akan mencoba mengubah font dan ukuran font pada word ini akan menjadi hal dasar yang harus diketahui. Pengertian sederhana font yaitu desain yang diterapkan ke huruf, angka, simbol dan karakter.

Setiap font memiliki desain masing-masing, contoh saja times new roman, arial, dsb. Masing-masing desain itu digunakan sesuai kebutuhan, untuk desain grafis biasanya digunakan font yang menarik perhatian sedangkan untuk pengetikan dokumen biasanya menggunakan font umum seperti times new roman.

Ukuran font adalah ukuran dari huruf, angka, simbol atau karakter. Ukuran yang dipakai normalnya adalah 12 untuk isi dokumen dan 14 atau 16 untuk judul dokumen sedangkan untuk desain grafis biasanya memiliki ukuran yang berbeda pada setiap kalimat agar terlihat menarik.

Sebelum mulai kita harus membuka word terlebih dahulu. Kebanyakan orang sudah bisa membuka aplikasi yang ada dikomputer jika belum tahu caranya bisa anda lihat pada postingan lulusankomputer berjudul "Pengenalan Software Word".

Setelah membuka word kita buat dulu dokumen baru yang masih kosong. Sebelumnya perlu diperhatikan untuk mengubah font dari awal atau mengubah teks font yang sudah diketik memiliki cara yang berbeda. Berikut cara mengubah font yang belum diketik.


Pada gambar bergerak diatas saya mengetik "Belajar Word" terlebih dahulu, ini dilakukan untuk melihat perbedaan setelah saya ubah font. Setelah saya ubah font, saya tekan enter agar berpindah ke baris baru, kemudian saya ketik ulang "Belajar Word". Hasilnya terdapat perbedaan bentuk huruf yang sudah saya ketik.

Cara sebelumnya adalah mengubah font dengan mengetik kalimat baru, sekarang kita akan mengubah font dan ukuran font pada kalimat yang sudah diketik pada kasus ini saya akan mengubah kalimat "Belajar Word".


Pada gambar bergerak di atas saya seleksi dulu kata "Word" dari kalimat "Belajar Word", kemudian itu saya pilih font yang saya inginkan. Setelah mengubah font saya langsung ubah ukuran font, karena kata "Word" masih terseleksi jadi saya tidak perlu lagi menyeleksi ulang.

Demikian cara mengubah font dan ukuran font pada word. Semoga bermanfaat.